Thursday, February 7, 2013

Pendidikan Karakter Meningkatkan Harkat dan Martabat Bangsa


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budaya dan nilai luhur. kemajemukan yang dimiliki merupakan fitrah dari Tuhan Yang Maha Esa. beragam suku bangsa, budaya, agama dan adat istiadat bersatu padu membentuk bangsa ini hingga dihargai oleh bangsa lain di dunia.

Kekayaan karakter dan budaya bangsa ini harus tetap dilestarikan agar dapat tetap menjadi identitas bangsa dan dibanggakan anak cucu kita di masa mendatang karena bangsa yang tidak memiliki identitas akan hancur terjajah oleh kebudayaan bangsa asing. Oleh karena itu perlu diupayakan menjaga dan melestarikan kekayaan budaya bangsa yang 

adiluhung ini agar anak cucu kita dapat tetap tegak dan tegar menghadapi percaturan dunia dengan identitas nasional yang melekat dalam diri mereka.

Penghargaan dan pelestarian budaya ini harus dilakukan sejak usia dini, semenjak putra-putri kita mengenal baca-tulis. Sejak itulah saat yang idela untuk menanamkan karakter dan budaya bangsa. Dengan pendidikan karakter dan budaya bangsa yang dilakukan sejak dini, diharapkan kita dapat memberikan tauladan yang berguna bagi penanaman jati diri bangsa kepada generasi penerus sehingga dapat melekat dalam diri mereka dimanapun mereka bergaul.

Bangsa Indonesia esok dapat digambarkan dari pendidikan anak-anak kita sekarang. apabila pendidikan anak-anak kita dapat mampu membangun dan membentuk karakter dan jiwa yang positif, maka Bangsa Indonesia yang berharkat dan bermartabat luhur di masa yang akan datang. Jangan tunggu samapi esok untuk mendidik dan membangun karakter bangsa kepada anak-anak kita! Jangan biarkan karakter dan budaya asing yang negatif yang mempengaruhi jiwa dan pribadi putra-putri kita! Mari kita mulai dari sekarang memberikan tauladan karakter bangsa yang adiluhung ini!. 

No comments:

Post a Comment

thanks for any moderate comments!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Popular Posts

Find it more

SASI-ku di sini


Lihat SASI-ku disini di peta yang lebih besar