Monday, July 22, 2013

Latar Belakang, Visi Misi dan Strategi SMAN 1 Sindang

Latar Belakang Historis dan Tujuan Pendirian SMA Negeri 1 Sindang - Indramayu

SMA Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu berdiri pada tahun 1961, semula sejak pendirian bernama SMA Negeri 1 Indramayu. SMA Negeri 1 Indramayu berdiri berafiliasi ke SMA Negeri 1 Cirebon, maka tidak heran bila lambang SMA Negeri 1 Indramayu masih ada unsur SMA Negeri 1 Cirebon.

SMA Negeri 1 Indramayu berdiri atas prakarsa Bupati Kasno yang saat itu menjadi PDM (Perwira Distrik Militer) dan sekarang istilah itu sudah tidak ada, yang sekarang istilah itu berganti menjadi KODIM. SMA Negeri 1 Indramayu berdiri di atas tanah bengkok milik Kuwu (Kepala Desa) Sindang yang luasnya kira-kira 9.000 m2

Kepala Sekolah pertama yang memimpin SMA Negeri 1 Indramayu adalah Bapak Markum BA, pada saat itulah diciptakan lambang sekolah setelah beliau pindah lambang itu dibubuhi semboyan yang berbunyi “ KARYA DARMA VIDYA SULUHING CISYA “ yang mempunyai arti generasi muda yang berani rendah hati dengan semangat yang menyala-nyala, menuntut ilmu pengetahuan untuk mengabdikan diri kepada nusa bangsa dan agama, semboyan tersebut tetap dijadikan acuan karena sampai sekarang masih terasa cocok.


Pada awal berdiri SMA Negeri 1 Indramayu terdiri 6 buah rombongan belajar sedangkan kelas ada 6 buah. Pada tahun 1962 dibangun lagi 7 ruang kelas tambahan ruang kelas baru bisa dibangun lagi pada tahun 1976. Tahun 1979 mendapat tambahan 1 kelas dan tahun 1981 4 ruang kelas. Disamping tambahan ruang kelas dibarengi pula dengan tambahan-tambahan ruang laboratorium IPA, laboratorium Bahasa, laboratorium IPS, Perpustakaan, ruang Guru, ruang Tata Usaha dan WC siswa. Perkembangan  selanjutnya laboratorium Multimedia. Sampai tahun pelajaran 2012 -2013 kebutuhan ruang belajar sudah terpenuhi yakni memiliki 32 ruang kelas.

Seiring perkembangannya SMA Negeri 1 Sindang pun telah mendapatkan berbagai macam Penghargaan baik dari pemerintah maupun lembaga yang mempunyai peran penting dalam pendidikan. Termasuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 yang berkaitan dengan standar mutu dan pelayanan pendidikan. Pada tahun 2012  SMA Negeri 1 Sindang juga mendapatkan penghargaan berupa  The Best Favorite School Highly Recommanded of The Year 2012 yang ditandatangani oleh Menkokesra dan Mendikbud. 
Banyak lulusan SMA Negeri 1 Sindang yang telah membanggakan dan mengharumkan  sekolah dan daerahnya, diantaranya adalah mantan Kapolri Jendral Da’i Bahtiar, Dr. Irianto MS. Syafiudin, mantan Bupati Indramayu selama dua periode, kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Prof. Dr. Wahyudin Zarkasyi dan lain-lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu dan sudah menduduki jabatan penting baik di lingkungan pemerintahan, TNI/Polri maupun swasta

Adapun urutan kepala sekolah yang pernah menjabat di SMA Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu beserta masa jabatannya, dari mulai pertama kali didirikan adalah sebagai berikut :

1. Tahun 1961 - 1966 Markum, B.A.
2. Tahun 1966 - 1972 Drs. Yusupadi  
3. Tahun 1972 - 1986 Untung Subagdjo, B.A
4. Tahun 1986 - 1990 Drs. Artono Wardiman
5. Tahun 1990 - 1994 Sarwadi, B.A.
6. Tahun 1994 - 1996 Drs. Asep Priyatna Abdillah
7. Tahun 1996 - 2000 Drs. S. Dadang Hediana
8. Tahun 2000 - 2001 Drs. Kamudi Abas
9. Tahun 2001 - 2002 Drs. Ahdiani
10. Tahun 2002 - 2007 Drs. Rustam Effendi
11. Tahun 2007 - 2011 Dra. Hj. Sulastri Djuwitaningsih, M.Pd
12. Tahun 2011 ……… Drs. Kasno Hadikusumo, M.Pd

Visi, Misi, dan Strategi 

Visi SMA Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu  :
Terwujudnya sekolah bernuansa CHAMPIONS untuk menghasilkan peserta didik yang penuh PRESTASI (Pribadi unggul, REligiuS, inovaTif, kualitAS Internasional).
Indikator:
1. Meningkatkan nilai religius
2. Mengembangkan kecerdasan beragam
3. Meningkatkan disiplin kerja ,disiplin belajar ,memacu profesional guru dan tenaga kependidikan
4. Mengembangkan karakter kepedulian sosial dan budaya
5. Meningkatkan inovasi dan mutu yang  berkelanjutan.
6. Mengembangkan manajemen profesional. 
7. Mengembangkan kurikulum dan akses jejaring internasional. 

Misi SMA Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu  :
1. Meningkatkan Imtaq, dengan menerapkan nilai nilai akhlak, dan agama
2. Mengembangkan kecerdasan beragam sesuai minat, bakat, dan kemampuan melalui suasana pembelajaran yang produktif, inovatif, efektif dan menyenangkan.
3. Meningkatkan disiplin kerja ,disiplin belajar mengajar dengan memacu profesional guru dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan  SDM yang berkualitas. 
4. Mengembangkan karakter yang memiliki kepedulian sosial dan budaya bangsa
5. Meningkatkan pengembangan sekolah melalui inovasi dan mutu berkelanjutan.
6. Mengembangkan pengelolaan sekolah melalui MBS yang profesional dan Akuntabel.
7. Mengembangkan kurikulum adopsi dan adaptasi melalui  akses jejaring internasional.

Strategi :
1. Melaksanakan kegiatan peningkatan imtak,dan menerapkan nilai-nilai akhlak, dan agama dalam kegiatan sekolah
2. Mengoptimalkan kecerdasan beragam peserta didik melalui  suasana pembelajaran yang produktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan
3. Melaksanakan disiplin kerja disiplin belajar  mengajar dengan memacu profesional guru dan tenaga kependidikan untuk menghasilkan SDM yang bekualitas.
4. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan karakter budaya bangsa yang memiliki kepedulian sosial , pengembangan  budaya tertib, budaya belajar/bekerja, budaya disiplin, budaya bersih, dan budaya sopan.
5. Mengembangkan sekolah melalui pengembangan inovatif dan mutu berkelanjutan .
6. Melaksanakan pengelolaan sekolah melalui pemberdayaan   MBS yang profesional dan akuntabel.   
7. Mengembangkan kurikulum adopsi dan adaptasi melalui akses jejaring internasional.                

No comments:

Post a Comment

thanks for any moderate comments!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Popular Posts

Find it more

SASI-ku di sini


Lihat SASI-ku disini di peta yang lebih besar