Monday, September 16, 2013

KONSEP SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN SMAN 1 SINDANG


Pembangunan yang berkelanjutan telah menjadi komitmen dan tanggung jawab bersama masyarakat dunia untuk menyelematkan bumi dari kerusakan dan kehancuran akibat pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan. Pembangunan yang kita lakukan saat ini mengalami perkembangan di berbagai sektor. Namun disamping itu, kita juga menghadapi berbagai bencana lingkungan/ permasalahan lingkungan, antara lain: longsor, banjir, kebakaran hutan, yang menimbulkan kerugian baik materi maupun korban manusia. Di sisi lain, era globalisasi telah berproses dan akan muncul tuntutan suatu produk industri yang harus memenuhi kriteria konsumen yaitu produk bermutu (ISO 9000, Ecolabel) dan lingkungan hidup (ISO 14.001), sehingga suatu proses produksi harus memperhatikan perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup.
Melihat persoalan lingkungan hidup yang terjadi dan kapasitas sumberdaya manusia yang memanfaatkan dan mengelola lingkungan hidup, maka program Pendidikan Lingkungan Hidup pada jenjang pendidikan dasar dan menengah perlu terus dikembangkan untuk memberikan pemahaman, penyadaran, dan tuntunan kepada siswa dalam bersikap dan berprilaku peduli dan berbudaya lingkungan.
Sekolah sebagai insitusi formal dalam mecetak generasi penerus bangsa, harus menjadi sebuah tempat yang ideal dan nyaman untuk tumbuh dan berkembangnya sikap peserta didik dalam mencintai lingkungan yang kemudian akan tumbuh penghayatan dan bersikap arif terhadap lingkungan hidup. Sikap ini terus dibudayakan melalui kegiatan persekolahan yang berwawasan lingkungan baik bersifat intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
Lingkungan yang nyaman dan asri merupakan hal yang mendasar untuk diciptakan dalam rangka peningkatan kualitas proses belajar mengajar. Maka dari itu SMA Negeri 1 Sindang berkomitmen untuk terus berupaya mengelola lingkungan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup untuk menuju sekolah adiwiyata.


No comments:

Post a Comment

thanks for any moderate comments!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Popular Posts

Find it more

SASI-ku di sini


Lihat SASI-ku disini di peta yang lebih besar